Kurma (pohon) | kurma pohon

Kurma (pohon) | kurma pohon



Gambar untuk Kurma (pohon) + kurma pohonKurma (pohon) Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas id wikipedia org wiki Kurma_(pohon)CacheMiripKurma, (Arab: تمر , Tamr; nama latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan Walaupun  Terbongkar Rahasia Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia â–º 4:58 youtube watch?v=1_XlgQDIdAI19 Apr 2018 5 menit Diupload oleh Tanaman BuahTerbongkar Rahasia Cara Menanam Pohon Kurma di Indonesia selamat datang Wow! Kurma Umur 20 Bulan Berbuah di Indonesia oleh Imam kompasiana wow kurma umur 20 bulan berbuah di indonesiaCache27 Sep 2018 Lima tandan buah kurma tampak menjuntai dari satu pohon kurma varietas KL 1 betina yang tumbuh di kebun penelitian dan pengembangan  Kisah Pohon Kurma yang Menangis | Republika Online Mobile khazanah republika co id kisah pohon kurma yang menangisCache8 Feb 2019 Sang Nabiyullah kemudian mendekati sebuah pohon kurma Beliau mengelusnya, kemudian memeluknya Maka, berhentilah suara tangisan  CV Berkah Pohon Kurma4,9   (7) · Kantor PerusahaanBogor, Jawa Barat · 0817 731 225Sekarang tutupInfo selengkapnyaDuta Wisata Kebun Kurma3,9   (780) · PertanianPasuruan, Jawa Timur · (0343) 6755666Sekarang tutup"Pohon kurma mmg ada tp msh sangat kecil alias baru ditanam " Info selengkapnyaIngin Kembali Berjaya, Negara Ini Tanam 70 Ribu Pohon Kurma dream co id irak tanam 70 ribu pohon kurma 180629e htmlCache29 Jun 2018 Dream Irak akan menanam 70 ribu pohon kurma di selatan Baghdad Negara ini berharap dapat kembali menjadi pemain utama dalam  Penasaran Lihat Pohon Kurma? Ini 3 Destinasi yang Bisa Anda lifestyle okezone penasaran lihat pohon kurma ini 3 destinasi yang bisa anda kunjungiCache23 Mei 2018 berikut ulasan tentang beberapa kebun kurma yang ada di Indonesia Travel Okezone Lifestyle Heboh Pohon Kurma di Kemiling Sudah Berbuah, Bukan Pemkot lampung tribunnews heboh pohon kurma di kemiling sudah berbuah bukan pemkot ternyata sosok ini yang menanamCache22 Sep 2018 Keberadaan tanaman kurma tersebut menarik perhatian banyak orang karena ternyata bisa tumbuh dan malah berbuah Di sekitar pohon  Bibit Biji Pohon KURMA ACEH Beranda | Facebook id id facebook pohonkurmaaceh Bibit Biji Pohon KURMA ACEH 2 570 suka · 36 membicarakan ini Menjual Bibit Biji Pohon Kurma di Aceh Kota Lhokseumawe Sejarah Kurma yang Harus Kamu Tahu Pegipegi pegipegi sejarah kurma yang harus kamu tahu Cache4 Jun 2018 Beliau mendapati bahwa bumi ini dihuni oleh berbagai macam tumbuhan, salah satunya pohon kurma Di sebuah kuburan Mesir Kuno 

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) di Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tenggara, Lampung, Lampung, Bengkulu, Sulawesi Tengah, Jawa Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah kurma pohon di Nabire, Kapuas, Langkat, Muara Enim, Kab. Tulungagung, Langkat, Hulu Sungai Selatan, Mandailing Natal, Kepulauan Aru, Kab. Kebumen, Maros, Kutai Timur, Kab. Sumba Barat Daya, Kab. Pasuruan,

Menyediakan melayani penjualan pembelian jual beli bibit murah termurah Kurma (pohon) | kurma pohon di Kec. Tanjungsari, Kec. Ketapang, Kec. Seunagan, Kec. Rengel, Kec. Wonogiri, Kec. Sukosewu, Kec. Tanjung, Kec. Kuripan, Kec. Baktiya, Kec. Arosbaya, Kec. Buer, Kec. Cakung, Kec. Compreng, Kec. Juwangi, Kec. Pegasing, Kec. Guguk, Kec. Simbang, Kec. Rantau Utara, Kec. Siak Kecil, Kec. Raya

Kurma, (Arab: Tamr; nm latin Phoenix dactylifera) adalah tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapatdimkn. Wlpn tempat asalnya tidak dikth karena telah sjk lama dibddykn, kemungkinan tumbuhan ini berasal dr tanah sekitar Teluk Persia[1]. Pohonnya berukuran sdng dengan tngg sktr 15-25 m, tmbh scr tunggal atau membentuk rumpun pada sjmlh batang dr sebuah sstm akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 meter, dg duri pd tangkai daun, menyirip dan memiliki sktr 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dg panjang 30 centimeter dan lebar 2 centimeter . Rentangan pnh mahkotanya berkisar dr 6-10 m.

Etimologi
Nama spesies dactylifera "date-bearing" berasal dari Yunani kuno, dáktulos, "kurma" (juga "jari")[2] dan batang dr kata kerja Latin, fero, "Saya memberi".[3]

Sejarah Kurma
Kurma tlh mnjd makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Tanaman Kurma diyakini berasal dari sktr Teluk Persia dan tlh dibddykn sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kmngkn pd awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma & memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bgn Arab timur pd thn 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pd zaman selanjutnya, orang Arab mnybrkn luaskan kurma di sekitar Selatan & Barat Daya Asia, bgn utara Afrika, Spanyol dan Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico & California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada thn 1765.

Buah
Buah yang dihasilkan oleh pohon kurma diknl sebagai buah kurma.[4] Bentuk buahnya lonjong-silinder dengan panjang 3-7 centimeter , berdiameter 2-3 cm &ketika msh muda wrnnya merah cerah ke kuning trng, trgntng dr jenisnya. Kurma mempunyai biji tunggal yg ukuran panjangnya sekitar 2-2,5 cm & tebalnya 6-8 millimeter. Buah kurma dikelompokan menjadi tiga golongan utama yaitu: lunak (contohnya 'Barhee', 'Halaw', 'Khadrawy', 'Medjool'), semi-kering (contohnya 'Dayri', 'Deglet Noor', 'Zahidi') dan kering (contohnya 'Thoory'). Spesies buah ini trgntng pd kandungan glukosa, fruktosa dan sukrosa.
Pohon kurma mrpkn pohon varietas dioecious, yaitu mempunyai tanaman jantan & betina yang hidup scr terpisah. Mereka dapat tumbuh dengan mudah dr bakal bj, ttp hanya 50% tumbuhan betina yang ditanam scr pembibitan akan berbuah, dan menghasilkan buah yg kecil srt berkualitas rendah. Sebagian besar prkbnn menggunakan perkmbngbkn stek pd tumbuhan, terutama pd kultivar 'Medjool' krn bisa mnghslkn panen yg bnyk srt buah yg manis & besar. Pohon yg tumbuh dari cara stek akan berbuah 2-3 tahun lbh awal daripada tumbuhan yang menggunakan bibit.
Pembuahan dengan serbuk sari pd tumbuhan kurma dilkkn scr alami oleh angin ttp pada perkebunan oasis tradisional & perkebunan modern, penyerbukan dilakukan secara manual. Penyerbukan alami pada tumbuhan jantan & betina, bisa trjd dengan jmlh yang sama antr kedua tanaman. Namun, bila dilakukan dengan bantuan, satu pohon jantan bisa menyerbuki hngg 100 tumbuhan betina. Tanaman jantan yang merupakan sebagai penyerbuk, mmngknkn para petani mnggnkn smbr daya mereka untuk memproduksi lebih bnyk buah pada tumbuhan betina.

Bbrp petani bahkan tdk memelihara pohon jantan, yang mana sebagai bunga jantan, untuk menyediakannya di pasar lokal pd saat wkt penyerbukan. Penyerbukan manual dikrjkn oleh pekerja terampil dg mnggnkn bantuan tangga untuk naik ke atas pohon. Di bbrp daerah sprt Irak, para pkrj mmnjt tumbuhan dg mnggnkn alat pemanjat khusus, dimana alat trsbt mengitari batang pohon & pendaki membuatnya tetap melekat pada bagasi saat mendaki. Jarang serbuk sari dapat ditrbngkn ke bunga betina dengan angin.

Kurma masak dibagi mnjd empat glngn, yang mana dikenal di seluruh dunia dengan menggunakan penamaanArab yaitu, kimri (muda), khalal (berukuran penuh), rutab (matang, lembut), tamr (masak, dikeringkan dengan bantuan matahari).

Stp 100 gram kurma segar bisa mengandung sumber vitamin C[butuh rujukan] dan energi sbsr 230 kcal (960 kJ). Air yang terkandung dalam kurma relatif sedikit & hal ini tidak menjadikannya jauh lbh pekat pd saat proses pngrngn berlangsung, mskpn vitamin C-nya akanhilang.

Kurma mrpkn tanaman tradisional yang penting di Turki, Iraq, Arab, Afrika Utara sampai ke Maroko. Di negara-negara Islam, kurma dan yogurt atau susu adl mknn tradisional yang utama untk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan. Kurma (terutama Medjool dan Deglet Noor) juga dibudidayakan di Amerika Serikat pdbagian selatanCalifornia, Arizona & bgn selatan Florida.

Pohon kurma bisa berbuah stlh ditanam selama 4 sampai 7 thn & bisa dipanen ketika tlh berusia 7 sampai 10 tahun. Tumbuhan kurma yang telah dewasa bisa menghasilkan 80-120 kg (176-264 lb) buah kurma pada setiap musim panennya. Agar mendapatkan buah yg berkualitas untk bisa dipasarkan, tandan kurma harus ditipiskan & dibngks atau ditutup sebelum masak supaya buahnya bisa tumbuh menjadi lebih besar & terlindungi dari cuaca & hama, seperti burung.

Makanan dari Olahan Kurma
Kurma kering atau lembut yang dimakan buatan tangan atau mungkin terlihat berbintik-bintik diisi dengan isian sepertialmond, kenari, manisan jeruk & kulit lemon, tahini, marzipan atau krim keju. Kurma berbintik disebut juga kurma tanpa biji. Sebagian kurma kering berbintik kemungkinan berglasir dengan sirup glukosa untk digunakan sebagai makanan ringan. Kurma juga bisa dipotong & digunakan dalam berbagai hidangan manis & gurih mulai dr tajines (untk puding) diMaroko, ka'ak (jenis kue kering Arab) & makanan pencuci mulut lainnya. Kurma roti kacang, jenis kue, sangat populer diAmerika Serikat terutama menjelang hari-hari libur. Kurma juga diproses menjadi berbentuk dadu, pasta (yang disebut "ajwa"), olesan, sirup kurma atau "madu" yg disebut "dibs" atau "rub" di Libya, bubuk (gula kurma), cuka ataupun alkohol. Inovasi olahan terbaru antara lain kurma berlapis cokelat & produk-produk seperti jus kurma bersoda, yang digunakan di beberapa negara-negara Islam sebagaisampanye versi non-alkohol, untk acara-acara khusus dan waktu keagamaan seperti Ramadhan.

Kurma juga dapat dikeringkan, ditumbuk dan dicampur dengan gandum untuk membentuk bahan baku bergizi. Kurma kering dimakan oleh unta, kuda dan anjing diSahara. Di Nigeria utara, kurma dan lada ditambahkan ke dalam bir asli yg diyakini membuatnya untuk mengurangi mabuk.

Daun kurma muda dimasak & dimakan sebagai sayuran, seperti pangkal tunas atau jantung, meskipun pada saat pengangkatannya bisa membuat pohon mati. Benih digiling halus dicampur dengan tepung untk membuat roti pada saat sedang kelangkaan terjadi. Bunga-bunga kurma juga dimakan. Secara tradisional, bunga betina adl bunga yg paling tersedia untuk dijual dan beratnya 300-400 gram. Kuncup bunga digunakan dalam salad atau sebagai alas pada ikan kering untuk membuat bumbu roti.

Menurut sebuah studi oleh Al-Shahib dan Marshall, dalam banyak hal, "Kurma dapat dianggap sebagai makanan yg hampir ideal, memberikan berbagai nutrisi penting dan manfaat kesehatan yang potensial." Kurma adalah sumber yang sangat baik untk diet kalium. Kandungan gula pada kurma yang telah masak sekitar 80%; sisanya terdiri dr protein, serat, & elemen trmsk boron, kobalt, tembaga, fluor, magnesium, mangan, selenium, dan seng.[5]

Di India dan Pakistan, Afrika Utara, Ghana, & Pantai Gading, tumbuhan kurma disadap untuk diambil getah manisnya, yg dikonversi mnjd gula kelapa (yang diknl sebagai jaggery atau gur), sirup gula atau minuman beralkohol. Di Afrika Utara getah yang diperoleh dr penyadapan pohon palma diknl sbg lagbi. Jk dibiarkan untk jngk wkt yg ckp lama (biasanya berjam-jam, tergantung pd suhu) lagbi dengan mudah dapat mnjd mnmn beralkohol. Ktrmpln khusus diperlukan pada saat penyadapan pohon palma sehingga tdk mati.

Di bagian Tenggara Spanyol (di mana perkebunan besar kurma ada trmsk UNESCO dilindungi Palmeral dr Elche) kurma (biasanya olahan dengan almondgoreng) disajikan trbngks pada daging babi asap dan shallow goreng.

Itu juga digunakan untuk membuat Jallab.

Kegunaan Pohon Kurma
Biji kurma tersebut direndam dr bwh ke atas untuk dijadikan pakan ternak. Minyaknya cocok untk digunakan dlm bentuk sabun & kosmetik. Mereka juga bisa diolah scr kimia sebagai smbr asam oksalat. Benih-benihnya jg dibakar untuk membuat arang oleh pandai perak & bisa dirngk menjadi kalung. Bj kurma juga tanah & digunakan pada olahan bj kopi atau sebagai bhn tmbhn untk kopi.

Tandan buah yg tlh dipreteli dapat digunakan sbg sapu. Di Pakistan, viskos, sirup kental yang terbuat dari buah yg masak dgnkn sebagai pelapis untk tas kulit & pipa untk mncgh kebocoran.

Getah tanaman kurma dapat dgnkn untuk membuat sirup danberbagai produk dapat dimakan berasal dr sirup.

Daun tumbuhan kurma dgnkn untk Palm Sunday dlm agama Kristen. Di Afrika Utara, mereka biasanya digunakan untk membuat pondok. Daun dewasa jg dibuat menjadi tikar, layar, keranjang & kipas. Daun yg diolah dapat dgnkn sebagai isolasi kardus. Tangkai daun kering yang mrpkn smbr ampas selulosa bisa dijdkn sebagai tongkat jalan, sapu, umpan pancing dan bahan bakar. Pelepah daun yang brhrg mnglrkn aroma serta seratnya jg bisa digunakan sbg tali, kain kasar, dan topi besar. Di hari libur Yahudi,Sukkot, daun-daunnya dgnkn sebagai lulav.

Kayu kayu tumbuhan kurma dgnkn untuk tiang & langit-langit pada pondok, krn lbh ringan dari kelapa dan tidak bgt tahan lama. Kayu jg dgnkn untuk konstruksi seperti jembatan & saluran air, & bgn dari dhows. Sisa kayunya dibakar sbg bahan bakar.

Dmn tradisi krjnn msh berkembang, sprt di Oman, pohon palem adl yg plng serba guna dari semua tumbuhan asli, dan hamper setiap bgn dr tumbuhan dgnkn untuk membuat barang-barang fungsional mulai dari tali dan keranjang untuk sarang, perahunelayan, dan tempat tinggal tradisional.[butuh rujukan]

Kegunaan Kurma dalam Bidang Pengobatan
Kurma mempunyai kndngn tannin yang tinggi & secara medis digunakan sebagai deterjen (mempunyai daya pembersihan) & astringent pada usus yang bermasalah.[butuh rujukan] Kurma bisa dibrkn untk sakit tenggorokan, pilek, penyakit selesema bronkial, meringankan demam dan sejumlah keluhan lainnya dalam bntk infus, ramuan, sirup atau pasta.[butuh rujukan] Satu kyknn tradisional mengatakan bahwa kurma bisa menetralkan keracunan alkohol. Bubuk biji jg dgnkn dalam bbrp obat-obatan tradisional.

Getah yg dicucurkan oleh batang pohon, di India, dgnkn untk mengobati diare dan penyakit kencing genital.[butuh rujukan] Akarnya dgnkn mlwn sakitgigi. Serbuk sari menghasilkan sebuah prinsip estrone, estrogenik, & mempunyai efek gonadotropic pd tikus muda.

2019-03-27 21:53:15 * 2019-03-27 21:34:12

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kurma (pohon) | kurma pohon adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kurma (pohon) | kurma pohon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit