Tin | buah tin ara

Tin | buah tin ara

 

Tin atau Ara (Ficus carica L.) adalah sejenis tanaman penghasil buah-buahan yg dpt dimkn yg berasal dariAsia Barat. Buahnya bernm sama. Nm "Tin" diambil dari bahasa Arab, jg diknl dg nm "Ara" (buah ara / pohon ara) sdngkn dalam bahasa Inggris disebut fig (common fig; "pohon ara umum"), sbnrnya masih termasuk kerabat tumbuhan beringin dari genus yang sama, yaitu Ficus.

Pemerian

Tumbuh di daerah Asia Barat, mulai dari pantai Balkan hngg Afganistan. Sekarang dibddykn pula di Australia,CileArgentina, serta Amerika Serikat.

Habitus brp tumbuhan, besar dan dapat tmbh hingga 10meter dg batang lunak brwrn abu-abu. Daunnya ckp besar & berlekuk dlm, 3 atau 5 cuping.

Bunga tin tidak tampak karena terlindung oleh dasar bunga yang mntp sehingga dikira buah. Penyerbukan dilakukan oleh sejns tawon khss, sama seperti serangga yang menyerbuki varietas Ficus lainnya.

Yang dsbt buahsebetulnya adl dasar bunga yang mmbntk bulatan. Tipe ini khas untuk semua anggota suku ara-araan (Moraceae). Buahnya berukuran pnjng tiga hingga 5 cm, berwarna hijau. Bbrp kultivar berubah warna menjadi ungu jk masak. Getah yg diklrkn pohon ini dapat mengiritasi kulit.

Pemanfaatan

Buah tin dpt dimkn sgr, dikeringkan, atau dibuat selai. Buah yg dipetik hrs sgr dimnftkn karena tidak dapat dismpn lama (mudah rusak). Di Bengali buah tin diolah sebagai syrn.

Kaitan dengan literatur

Yahudi/Kristen

Tanaman ara merupakan pohon ketiga yg disebutkan di Alkitab Ibrani & Perjanjian Lama di Alkitab Kristen, stlh "pohon kehidupan" & "tumbuhan pengetahuan tentang yg baik dan yang jahat".[1] Adam & Hawa menyemat daun pohon ara dan membuat cawat untuk mntp tubuh mrk setelah mrk tahu, bahwa mrk telanjang.[2]

Buah ara juga trmsk daftar mknn yg ditmkn dlm Tanah Perjanjian mnrt Taurat (Ulangan 8). Yesus Kristus mngtk sebuah tumbuhan ara karena tdk mnghslkn (Markus 11:12–14).

Islam

Pohon tin adl slh satu dari dua tanaman yg disebutmanfaatnya baik dlm Islam. Di Al Qur'an, salah satu surat dsbt dengan nama ini (QS Surah At-Tinayat 1) krn Allah bersumpah atas nama buah/tanaman ini.

 

2019-03-13 10:32:15 * 2019-03-13 10:23:11

Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Tin | buah tin ara adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Tin | buah tin ara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit