Kepel pohon buah kepel

13:16:01 Tanaman kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adl pohon penghasil buah hdngn meja yg menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta & di Tanah Pasundan yg juga dikenal sbg Burahol. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa karena dipercaya mnybbkn keringat beraroma wangi dan membuat air seni tidak berbau tajam.

Pemerian
Pohon tegak, tdk merontokkan daun secara serentak, tingginya mencapai 25 meter. Tajuknya teratur brbntk kubah meruncing ke atas (seperti cemara) dengan percbngn mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mencapai 40centimeter,berwarna coklat-kelabu tua smp hitam, yg scr khas tertutup oleh bnyk benjolan yg besar-besar. Daunnya berbentuk lonjong-jorong smp bundar-telur/bntk lanset, berukuran (12-27) centmeter × (5-9) cm, brwrn hijau gelap, tdk berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 centmeter panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula brwrn hijau kmdn berubah mnjd keputih-putihan, muncul pd tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya trltk di batang sebelah atas dan di cabang-cabang yg lbh tua, berkmpl sbnyk 8-16 kuntum, diameternya mncp 1 centmeter; bunga betinanya hny berada di pangkal batang, diameternya mencapai 3 centmeter. Buahnya dengan 1-13lembar daun buah bertipe mrp buah buni (berrylike ripe carpels), panjang tangkai buahnya mncp 8 cm; daun buah yang matang hamper bulat bentuknya, berwarna kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 cm, perikarpnya berwarna coklat, berisi sari buah, dapat dimakan. Bijinya berbentuk menjorong, berjumlah 4-6 butir, panjangnya sktr 3 cm, berat segar 62-105 gram, srt bagian yg dapat dimakan sebanyak 49% & bjnya 27% dr berat buah segar.

Manfaat
Buahnya yang matang dimkn dalam keadaan segar. Dsbtkan bahwa dagingnya yang berwarna jingga dan mngndng sari buah itu memberikan aroma sprt bunga mawar brcmpr buah sawo pada ekskresi tubuh (sprt air seni, keringat, & napas). dalam pengobatan, daging buahnya berfungsi sbgpeluruh kencing, mencegah radang ginjal dan mnybbkan kemandulan (sementara) pada wanita. Jadi, kepel ini oleh para wanita bangsawan dgnkn sebagaiparfum & alat KB; di Jawa, penggunaannya secara tradisional terbatas di Kesultanan Yogyakarta. Kayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yang lurus stlh direndam beberapa bln dalam air, digunakan untk bahan bangunan rumah dandiberitakan tahan lbh dari 50 thn. Kepel merupakan tumbuhan hias pohon yg indah, daunnya yg mncl secara serentak brbh dr merah muda pucat mnjd merah keunguan sebelum brbh lg menjadi hijau cemerlang. Perawakan pohonnya berbentuk silindris atau piramid dg bnyk cabang lateral yg trssn secara sistematik, dan sifatnya yg kauliflor (cauliflory) mnmbh keindahannya.

Syarat Tumbuh
Kepel tumbuh liar pd tanah lembap dan dlm, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibudidayakan sbg pohon buah pd ketinggian mencapai 600 meter dpl, dan mau berbuah di Queensland. Varietas ini dapat tumbuh baik di sela-sela rumpun bambu, yg di tempat itu pohon-pohon lain tidak mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diperbanyak dari bj yang diambil dari buah masak dan disemaikan secepatnya. Penyetekan & pencangkokan sudah prnh dicoba, ttp tdk brhsl. Benihnya dibrshkn dg jalan dicuci & dikrngkn di tempat teduh. Sblm disemai benih diskarifikasi, tetapi prkcmbhnnya msh memerlukan waktu bbrp bln. Lambat-laun persentase prkcmbhnnya tinggi juga. Prkcmbhnnya hipogeal, akar tunggangnya membengkak dan tidak bercabang untuk beberapa waktu. Mula-mula semai itu tmbh lambat. pd saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dalam pot.Ktk tingginya mencapai 0,5-1,0 m bibit dipindahtanamkan ke lapangan dg jarak tanam 6-8 m. Fase yuwananya (vegetative phase, juvenile phase) brlngsng selama 6-9 thn.

Pemeliharaan
Hama dan Penyakit

Blm ada laporan mengenai hama & penyakit yang berbahaya, ttp pohonnya harus dijg dari serangan kelelawar & binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen
Buah kepel dianggap masak bl digores kulitnya terlihat bagian bawahnya brwrn kuning atau coklat muda (jika brwrn hijau, buah masih belum matang). untuk mnjg kualitas, buah kepel dibngks 1-2 bln sebelum dipanen, menggunakan anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dlm keranjang atau karung dan hndknya diprlkkn dg hati-hati; buah kepel dapat brthn disimpan 2-3 minggu pada suhu ruang



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Kab. Blitar Kab. Sumbawa Samarinda Kab. Situbondo Kab. Subang Samarinda Kab. Sanggau Kab. Wonosobo Buru Padang Lawas Sorong Kab. Brebes Bone Kab. Banyuwangi

Dan Kec lainnya Kec. Anyar Kec. Umbulharjo Kec. Imogiri Kec. Losari Kec. Kota Kuala Simpang Kec. Kota Sigli Kec. Yarokibisay Kec. Grujugan Kec. Susukan Kec. Bukit Malintang Kec. Cicurug Kec. Plumbon Kec. Batui Kec. Bacukiki Kec. Kayen Kec. Solear Kec. Sungai Apit Kec. Cigalontang Kec. Jatilawang Kec. Jeruklegi

Tag Kepel pohon buah kepel

Tag search: pohon buah kepel Kepel


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel pohon buah kepel adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel pohon buah kepel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit