Pepaya pupuk untuk pohon pepaya

17:42:02 Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adl tumbuhan yang berasal dari Meksiko bgn selatan dan bagian utara drAmerika Selatan, & kini menyebar luas & bnyk ditnm di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papayaadalah satu-satunya jenis dlm genus Carica. Nm pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dr bahasa Belanda, "papaja", yg pada gilirannya jg mengambil dr nama bahasa Arawak, "papaya". dalam bahasa Jawa pepaya disebut "katès" dan dlm bahasa Sunda "gedang".

Kegunaan
Pepaya jantan dengan bunga.

Buah pepaya dimkn dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sbg sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalapan (setelah dilayukan dg air panas) atau djdkn pembungkus buntil. Oleh orang Manado, bunga pepaya yg diurap [mnjd|menjadi} sayuran yg biasa dimakan. Getah pepaya (dpt ditemukan di batang, daun, & buah) mengandung enzim papain, semacam protease, yang dapat melunakkan daging & mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang.

untuk memproduksi papain, bhn baku yg perlu dipersiapakan adl getah pepaya. [Smntr|Sementara} bahan penolongnya brp air & sulfit. Air digunakan sbg pengencer getah pepaya, sedangkan sulfit digunakan sbg pelarut bahan kimia.

Pengambilan getah buah dilkkn pd buah yang sudah berumur 2.5-3 bulan. Buah yang sedangkan dlm masa pnydpn hrs tetap tergantung pd batang pokoknya. Penyadapan dilakukan sampai tujuh kali dengan interval penyadapan empat hari, maka wkt yang diprlkn untuk penyadapan adalah sekitar 28 hari. Waktu yang tepat untuk menyadap adl pagi hari sblm matahari terbit atau sore hari sebelum matahari terbenam. [1]

Daun pepaya juga berkhasiat obat & perasannya dgnkn dalam pengobatan tradisional untuk mnbh nafsu makan.

Pemerian

Pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tumbuh hingga setinggi 5–10 mdg daun-daunan yang membentuk brp spiral pada batang pohon bagian atas. Daunnya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah. Bentuknya dapat bercangap ataupun tdk. Pepaya macam biasanya bercangap dalam.

Pepaya adalah monodioecious' (berumah tunggal sklgs berumah dua) dg tiga kelamin: tanaman jantan, betina, dan banci (hermafrodit). Tanaman jantan dikenal sebagai "pepaya gantung", yg walaupun jantan kadang-kadangdpt mnghslkn buah pula scr"partenogenesis". Buah ini mandul (tidak mnghslkn biji subur), dan djdkn bahan obat tradisional. Bunga pepaya memiliki mahkota bunga brwrn kuning pucat dg tangkai atau duduk pada batang. Bunga jantan pd tanaman jantan tumbuh pada tangkai panjang. Bunga biasanya ditemukan pd daerah sekitar pucuk.

Bentuk buah bulat hingga memanjang, dengan ujung biasanya meruncing.Warna buah ketika muda hijau gelap, & stlh masak hijau muda hngg kuning. Bentuk buah membulat bila berasal dr tanaman betina & memanjang (oval) bila dihslkn tumbuhan banci. Tanaman banci lebih disukai dalam budidaya karena dpt mnghslkn buah lebih banyak & buahnya lbhbsr. Daging buah berasal dari karpela yang menebal, berwarna kuning hngg merah, tergantung jenisnya. bagian tengah buah berongga. Biji-biji brwrn hitam atau kehitaman & terbungkus semacam lpsn berlendir (pulp) untk mencegahnya dr kekeringan. dalam budidaya, biji-biji untuk ditnm kmbl diambil dr bagian tengah buah.

Kelamin jantan pepaya ditentukan oleh suatu kromosom Y-primitif, yang 10% dr keseluruhan pnjngnya tdk mengalami rekombinasi.[2] Suatu penanda genetikRAPD juga telah ditemukan untuk mmbdkn papaya berkelamin betina dr papaya jantan atau banci.[3]

Kultivar papaya

Kultivar pepaya bermacam-macam krn berbeda-beda pemanfaatan & slr konsumen.

Kultivar Institut Pertanian Bogor (IPB)

kultivar pepaya ini dikembangkan oleh Pusat Kajian Hortikultura Tropika (PKHT) IPB.[4]

IPB-1 (Arum Bogor)

Arum Bogor memiliki keunggulan bersosok kecil atau mini, bobotnya sekitar 0,63kilogram hingga praktis untk diknsms.

IPB-2 (Prima Bogor)

Prima Bogor mempunyai keistimewaan daging buahnya brwrn merah, bobot hingga 2.257 kilogram & dapat brthn lama ktk disimpan. Prima Bogor dpt bertahan selama 1 minggu masa penyimpanan.

IPB-3 (Carisya)

Pepaya Carisya berdmnsi kcl shngg praktis dikonsumsi satu orang mnggnkn sendok. Kulit buah halus mulus, brwrn hijau tua, rasa daging buah sngt manis, daging buah agak kenyal & berwarna merah jingga, tdk ada bau "burung"sehingga disukai oleh knsmn. Kadar gula carisya adl 140 briks. Carisya lbh thn tungau dibndngkn dg Arum Bogor.

IPB-6C (Sukma)

Pepaya Sukma mempunyai keunggulan daging buah yang benar-benar merah. Ketika matang, warna kulitnya bersemburat kuning pd bagian ujung buah. Bobot dpt mencapai2 kilogram. Cocok untuk dikonsumsi oleh satu keluarga besar.

IPB-9 (Calina / California)

Pepaya IPB-9 mempunyai kekhasan pd permukaan kulit buahnya yang sangat mulus dan brwrn hijau. Bila dibelah daging buahnya berwarna Jingga kemerahan yang lezat. Daging buahnya tebal dan lembut. Bobot dapat mencapai 1,5 kilogram dg tingkat kemanisan 110 briks. Kadar gulanya lebih tinggi dr pepaya Cibinong yg berkadar gula 9-100briks.

Pepaya bangkok
Pepaya bangkok diintroduksi dari Thailand. Permukaan buahnya tidak rata dan kulit luarnya relatif tipis, sehingga sulit dikupas. Kelebihannya, dagingnya manis dan berair. Buahnya berukuran besar.
Pepaya Solo
Ini adalah pepaya kultivar hibrida unggul dari Hawaii. Buahnya kecil-kecil & disukai oleh konsumen barat.

Lain-lain
Selain itu terdpt pula pepaya hias yg warna daun atau tangkai daunnya ungu. Pepaya ini ditnm lbh untuk penampilannya dlm memperindah taman. DiDataran Tinggi Dieng diknl produk mirip pepaya yang dikemas & disebut "carica". Jenis ini menyukai daerah dingin untk produksi buah secara optimal.
Manfaat pepaya
Manfaat buah pepaya
Pepaya mempunyai manfaat yg bnyk krn pepaya banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kshtn mata, pepaya juga memperlancar pencernaan bg yang sulit buang air besar. Di beberapa tempat buah pepaya setengah matang dijadikan rujak buah manis bersama dengan buah bengkoang, nanas, apel,belimbing, jambu air. Getah buah pepaya jg tergolong mahalkarena getah pepaya bisa diolah menjadi tepung papain yang brgn bagi kbthn rumah tangga dan industri. pada pengobatan herbal pepaya dpt mencegah kanker,[5] sembelit, kesehatan mata.

Manfaat biji pepaya
Dokter Wahyu Triasmara menjelaskan bhw bj buah pepaya brmnft sbg antioksidan dlm darah karena dpt menurunkan kadar kolesterol dan LDL, serta mngktkn kadar HDL (lipoprotein densitas tinggi). Biji pepaya memiliki efek hipolipidemia untk terapi hiperlipidemia yg disbbkn oleh kadar lemak nabati atau kolesterol dalam jmlh terlalu tinggi Karen ekstrak bj tersebut berisi kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, antrakuinon, & antosianin. Menurutnya bj pepaya dapat dikonsumsi dengancara diblender & disjkn sprt membuat jus, atau pun dengan cr disdh seperti menyeduh kopi setelah terlebih dahulu [dikrngkn|dikeringkan} & diblender.[6]

Hama & Penyakit
Hama yang umum mnyrng tumbuhan pepaya antara lain kutu putih dan tungau Tetranychus sp. se&gkan penyaki yang umum menyerang antara lain antraknosa, busuk akar, busuk pangkal batang, bercak daun.[7] Kutu putih pepaya Paracoccus marginatus Williams & Granara de Willink (Hemiptera: Pseudococcidae) merupakan hama baru yg menjadi masalah penting pd pertanaman pepaya di Indonesia. Serangga ini diketahui kbrdnnya pertama kali pada bulan Mei 2008 pada tumbuhan pepaya di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat.[8] Kutu putih pepaya P. marginatus adalah hama pntng di Indonesia yg memiliki daya rusak tinggi.[9]



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Aceh Singkil Nias Kota Semarang Kapuas Bantaeng Kota Semarang Penajam Paser Utara Kab. Blora Agam Kab. Wonosobo Kab. Blora Solok Kab. Flores Timur Sijunjung

Dan Kec lainnya Kec. Lapang Kec. Sambung Macan Kec. Batang Onang Kec. Kiarapedes Kec. Kabandungan Kec. Batang Serangan Kec. Lopok Kec. Bacukiki Barat Kec. Patuk Kec. Sukodadi Kec. Balen Kec. Buah Dua Kec. Sipoholon Kec. Sindang Agung Kec. Pulau Rakyat Kec. Sukawening Kec. Mojoanyar Kec. Baureno Kec. Paranggupito Kec. Bungaya

Tag Pepaya pupuk untuk pohon pepaya

Tag search: pupuk untuk pohon pepaya Pepaya ..Bertanam Pepaya Revisi booksSebaliknya jika bunga pertama itu bunga betina maka menandakan pohon betina Untuk itu pada umur tersebut tanaman pepaya perlu diberi pupuk sesuaiPEPAYA Budidaya Pasca Panen booksWaktu jenis dan dosis pemupukan tanaman pepaya untuk perkebunan biasa Keterangan 1 kaleng pupuk kandang beratnya antara 1520 kg Pada bentukBudi Daya Pepaya booksAdapun dosis pupuk yang harus diberikan adalah sebagai berikut a Pupuk Pohon yang dipilih untuk dipelihara adalah pohon pepaya sempurna PohonPupuk untuk pepaya california agar berbuah lebat YouTube watch20190630 Video tentang pupuk untuk pepaya california agar berbuah lebat Berikut ini postingan Trukm 411Paskelbta 20190630GSBM Gerakan Sekolah Bersih Menyenangkan booksBagus sekali sebagai pupuk organik untuk aneka jenis tanaman Tanpa harus Kulit buah pepaya untuk pupuk cair organik pengganti pupuk 76 G B SMCara memupuk pepaya agar berbuah lebat melimpah YouTube watch20171115 Nah karena pohon pepaya diatas adalah jenis cangkokan maka langsung saja kita Trukm 710Paskelbta 20171115Budi Daya PEPAYA UNGGUL booksUntuk tanaman yang sedang berbuah membutuhkan 3035 liter per hari kecuali hari tetap terjaga tanaman pepaya perlu dipupuk secara rutin untuk menjamin Pemberian pupuk yang mengandung unsur nitrogen dan fosfor pada saatSukses Bertanam Pepaya Unggul Kualitas Supermarket booksPupuk yang diberikan ke tanaman pepaya bisa berupa pupuk organik dan anorganik Tujuannya untuk memasokhara yang diperlukan bagi pertumbuhan danMemupuk Tanaman Buah booksSetiap 6 bulan sekali 150 g NPK 151515 dan 10 kg pupuk kandang Pepaya Pupuk untuk persemaian pupuk kandang yang dicampur tanah dengan .


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Pepaya pupuk untuk pohon pepaya adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Pepaya pupuk untuk pohon pepaya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit