Kepel buah kepel jogja

16:30:02 Tanaman kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adalah pohon pnghsl buah hidangan meja yg menjadi flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta & di Tanah Pasundan yg jg diknl sebagai Burahol. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa krn dipercaya menyebabkan keringat beraroma wangi & membuat air seni tdk berbau tajam.

Pemerian
Pohon tegak, tidak merontokkan daun secara serentak, tingginya mncp 25 meter. Tajuknya teratur berbentuk kubah meruncing ke atas (seperti cemara) dengan percabangan mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mencapai 40centimeter,brwrn coklat-kelabu tua smp hitam, yg secara khas trttp oleh banyak benjolan yang besar-besar. Daunnya brbntk lonjong-jorong smp bundar-telur/bntk lanset, berukuran (12-27) centmeter × (5-9) centmeter, berwarna hijau gelap, tdk berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 cm panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula berwarna hijau kemudian berubah menjadi keputih-putihan, mncl pada tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya trltk di batang sebelah atas dan di cabang-cabang yang lbh tua, berkmpl sbnyk 8-16 kuntum, diameternya mncp 1 cm; bunga betinanya hny berada di pangkal batang, diameternya mencapai 3 cm. Buahnya dg 1-13lmbr daun buah bertipe mirip buah buni (berrylike ripe carpels), pnjng tangkai buahnya mencapai 8 cm; daun buah yang masak hmpr bulat bentuknya, brwrn kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 cm, perikarpnya berwarna coklat, berisi sari buah, dpt dimakan. Bjnya berbentuk menjorong, berjumlah 4-6 butir, pnjngnya sktr 3 cm, berat segar 62-105 gram, serta bagian yg dpt dimkn sebanyak 49% dan bjnya 27% dr berat buah segar.

Manfaat
Buahnya yg matang dimakan dlm keadaan segar. Dsbtkan bahwa dagingnya yang berwarna jingga dan mengandung sari buah itu memberikan aroma seperti bunga mawar brcmpr buah sawo pd ekskresi tubuh (sprt air seni, keringat, & napas). dlm pengobatan, daging buahnya berfungsi sebagaipeluruh kencing, mncgh radang ginjal & mnybbkan kemandulan (sementara) pd wanita. Jadi, kepel ini oleh para wanita bangsawan digunakan sebagaiparfum & alat KB; di Jawa, penggunaannya scr tradisional terbatas di Kesultanan Yogyakarta. Kayunya cocok untk perkakas rumah tangga; batangnya yang lurus stlh direndam bbrp bln dlm air, digunakan untuk bahan bangunan rumah dandibrtkn tahan lebih dari 50 thn. Kepel mrpkn tumbuhan hias pohon yang indah, daunnya yang mncl scr serentak brbh dari merah muda pucat mnjd merah keunguan sebelum brbh lagi menjadi hijau cemerlang. Perawakan pohonnya brbntk silindris atau piramid dengan bnyk cabang lateral yang trssn secara sistematik, dan sifatnya yg kauliflor (cauliflory) menambah keindahannya.

Syarat Tumbuh
Kepel tmbh liar pada tanah lembap dan dalam, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibudidayakan sbg pohon buah pada ketinggian mncp 600 m dpl, & mau berbuah di Queensland. Jenis ini dapat tmbh baik di sela-sela rumpun bambu, yang di tempat itu tanaman-tanaman lain tdk mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diperbanyak dr biji yg diambil dari buah masak dan disemaikan secepatnya. Penyetekan dan pencangkokan sdh pernah dicoba, tetapi tdk berhasil. Benihnya dibrshkn dengan jln dicuci dan dikrngkn di tmpt teduh. Sblm disemai benih diskarifikasi, tetapi perkecambahannya msh memerlukan wkt beberapa bulan. Lambat-laun persentase prkcmbhnnya tinggi jg. Perkecambahannya hipogeal, akar tunggangnya membengkak & tdk bercabang untk beberapa wkt. Mula-mula semai itu tumbuh lambat. pada saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dlm pot.Ketika tingginya mncp 0,5-1,0 m bibit dipindahtanamkan ke lapangan dengan jrk tnm 6-8 m. Fase yuwananya (vegetative phase, juvenile phase) berlangsung selama 6-9 thn.

Pemeliharaan
Hama dan Penyakit

Belum ada lprn mengenai hama & penyakit yang berbahaya, ttp pohonnya harus dijaga dr srngn kelelawar & binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen
Buah kepel dianggap masak bila digores kulitnya terlihat bagian bwhnya brwrn kuning atau coklat muda (jika berwarna hijau, buah msh belum masak). untuk mnjg kualitas, buah kepel dibungkus 1-2 bln sblm dipanen, mnggnkn anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dlm keranjang atau karung & hendaknya diperlakukan dg hati-hati; buah kepel dapat brthn dismpn 2-3 minggu pada suhu ruang



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Yalimo Buton Utara Kaur Tojo Una-Una Jembrana Kaur Kota Mataram Kab. Pohuwato Kab. Bima Serdang Bedagai Batam Maybrat Kota Pontianak Sinjai

Dan Kec lainnya Kec. Kebomas Kec. Woyla Barat Kec. Tawang Kec. Biringkanaya Kec. Pulau Dullah Utara Kec. Soreang Kec. Jetis Kec. Nglipar Kec. Kemuning Kec. Sorkam Barat Kec. Sorkam Kec. Cengkareng Kec. Labuan Amas Utara Kec. Bogorejo Kec. Parung Kec. Cilengkrang Kec. Ciawi Kec. Semampir Kec. Rejoso Kec. Sidoharjo

Tag Kepel buah kepel jogja

Tag search: buah kepel jogja Kepel


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel buah kepel jogja adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel buah kepel jogja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit