Kepel buah kepel atau burahol

2:51:03 Tumbuhan kepel atau burahol (Stelechocarpus burahol) adl tumbuhan pnghsl buah hdngn meja yg mnjd flora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta & di Tanah Pasundan yang juga diknl sebagai Burahol. Buah kepel digemari puteri kraton-kraton di Jawa krn dipercaya menyebabkan keringat beraroma wangi & membuat air seni tdk berbau tajam.

Pemerian
Pohon tegak, tidak merontokkan daun scrserentak, tingginya mncp 25 m. Tajuknya teratur berbentuk kubah meruncing ke atas (seperti cemara) dg percabangan mendatar atau agak mendatar. Diameter batang utamanya mencapai 40centimeter,berwarna coklat-kelabu tua smp hitam, yg secara khas trttp oleh banyak benjolan yg besar-besar. Daunnya brbntk lonjong-jorong sampai bundar-telur/bntk lanset, berukuran (12-27) cm × (5-9) centmeter, brwrn hijau gelap, tdk berbulu, merontal tipis; tangkai daunnya mencapai 1,5 cm panjangnya. Bunganya berkelamin tunggal, mula-mula brwrn hijau kemudian berubah mnjd keputih-putihan, mncl pada tonjolan-tonjolan di batang; bunga jantannya terletak di batang sebelah atas & di cabang-cabang yang lbh tua, berkumpul sbnyk 8-16 kuntum, diameternya mncp 1 cm; bunga betinanya hny berada di pangkal batang, diameternya mncp 3 centmeter. Buahnya dengan 1-13lembar daun buah bertipe mirip buah buni (berrylike ripe carpels), panjang tangkai buahnya mencapai 8 cm; daun buah yg matang hmpr bulat bentuknya, brwrn kecoklat-coklatan, diameternya 5-6 centmeter, perikarpnya brwrn coklat, berisi sari buah, dpt dimkn. Bjnyabrbntk menjorong, brjmlh 4-6 butir, pnjngnya sekitar 3 centmeter, berat segar 62-105 g, serta bgn yg dapat dimkn sbnyk 49% dan bijinya 27% dr berat buah segar.

Manfaat
Buahnya yg matang dimkn dalam keadaan segar. Dsbtkan bahwa dagingnya yang berwarna jingga & mngndng sari buah itu memberikan aroma sprt bunga mawar bercampur buah sawo pada ekskresi tubuh (sprt air seni, keringat, dan napas). dlm pengobatan, daging buahnya berfngs sebagaipeluruh kencing, mencegah radang ginjal dan mnybbkan kemandulan (sementara) pd wanita. Jadi, kepel ini oleh para wanita bangsawan dgnkn sbgparfum dan alat KB; di Jawa, penggunaannya secara tradisional trbts di Kesultanan Yogyakarta. Kayunya cocok untuk perkakas rumah tangga; batangnya yang lurus stlh direndam bbrp bln dalam air, digunakan untuk bahan bangunan rumah dandiberitakan tahan lebih dari 50 tahun. Kepel merupakan tumbuhan hias pohon yang indah, daunnya yang mncl scr serentak brbh dari merah muda pucat mnjd merah keunguan sblm berubah lagi mnjd hijau cemerlang. Perawakan pohonnya berbentuk silindris atau piramid dengan bnyk cabang lateral yg tersusun secara sistematik, dan sifatnya yg kauliflor (cauliflory) mnmbh keindahannya.

Syarat Tumbuh
Kepel tmbh liar pada tanah lembap & dlm, di hutan-hutan sekunder di Jawa. Dibddykn sbg tanaman buah pada ketinggian mencapai 600 m dpl, dan mau berbuah di Queensland. Jenis ini dapat tmbh baik di sela-sela rumpun bambu, yang di tmpt itu pohon-pohon lain tidak mampu bersaing.

Budidaya

Kepel umumnya diperbanyak dari biji yg diambil dari buah masak & disemaikan scptnya. Penyetekan & pencangkokan sudah prnh dicoba, tetapi tidak brhsl. Benihnya dibrshkn dg jln dicuci & dikrngkn di tmpt teduh. Sblm disemai benih diskarifikasi, tetapi prkcmbhnnya masih memerlukan waktu bbrp bln. Lambat-laun persentase perkecambahannya tinggi juga. Perkecambahannya hipogeal, akar tunggangnya membengkak dan tdk brcbng untuk bbrp waktu. Mula-mula semai itu tumbuh lambat. pada saat semai berdaun 3-5 helai, dipindahtanamkan ke dlm pot.Ketika tingginya mncp 0,5-1,0 meter bibit dipindahtanamkan ke lapangan dg jrk tnm 6-8 m. Fase yuwananya (vegetative phase, juvenile phase) berlangsung selama 6-9 tahun.

Pemeliharaan
Hama dan Penyakit

Belum ada laporan mengenai hama dan penyakit yang brbhy, ttp pohonnya harus dijaga dr srngn kelelawar dan binatang pengerat.

Panen dan Pasca Panen
Buah kepel dianggap matang bl digores kulitnya trlht bgn bawahnya berwarna kuning atau coklat muda (jika brwrn hijau, buah masih belum matang). untuk menjaga kualitas, buah kepel dibngks 1-2 bln sebelum dipanen, mnggnkn anyaman bambu atau daun kelapa atau kantung plastik. Buah dikemas dlm keranjang atau karung dan hndknya diperlakukan dg hati-hati; buah kepel dapat bertahan disimpan 2-3 minggu pd suhu ruang



Tidak hanya Mendukung COD, Kami juga sudah beberapa kali melakukan Export seperti ke Malayasia dan Cina seperti yang ada di Channel Youtobe stokbibit, Tak perlu kawatir tetap kami support pengiriman ke beberapa wilayah

Juga bisa ke Medan Batubara Kab. Pemalang Puncak Kab. Kubu Raya Kab. Pemalang Sibolga Kab. Magetan Tapanuli Tengah Deli Serdang Toba Samosir Kab. Malang Aceh Tengah Kab. Sanggau

Dan Kec lainnya Kec. Gunung Sindur Subang Kec. Ciawigebang Kec. Pekalongan Selatan Kec. Jetis Kec. Magelang Utara Kec. Paron Kec. Bungin Kec. Tanjung Pinang Timur Kec. Pringapus Kec. Koja Kec. Hibala Kec. Denpasar Barat Kec. Kangayan Kec. Bojongsari Kec. Silangkitang Kec. Blang Kejeran Kec. Kangayan Kec. Perak Kec. Sidomulyo

Tag Kepel buah kepel atau burahol

Tag search: buah kepel atau burahol Kepel ..Kepel Wikipedia bahasa Indonesia ensiklopedia bebas wiki KepelTumbuhan kepel atau burahol Stelechocarpus burahol adalah pohon penghasil buah hidangan meja yang menjadi flora identitas Daerah IstimewaPemerian Manfaat Budidaya PemeliharaanKingdom PlantaeOrdo FabalesGenus StelechocarpusKelas MagnoliopsidaStelechocarpus burahol Wikipedia wiki StelechocarpusburaholStelechocarpus burahol known as the burahol kepel kepel fruit keppel fruit or kepel apple is an annonaceous plant from the humid evergreen forests ofBuah Kepel Stelechocarpus burahol Kegemaran Putri Keraton web beritaevent buahkepelstelechocarpusbuGaragara tidak merakyat kepel atau burahol menjadi tanaman langka Bagaimana kita melestarikannya kembali sebagai pohon buah yang unik danGeografi Menyingkap Fenomena Geosfer booksTidak banyak orang mengenal pohon kepel Stelechocarpus burahol atau burahol Konon tumbuhan itu hanya ditanam di kalangan keraton Buah kepelBuah Kepel Stelechocarpus burahol Kegemaran Alamendah 20100216 buahkepelstelechocarpusburaholk20100216 Kepel adalah nama pohon dan buah yang mempunyai nama ilmiah Pohon Kepel atau Burahol tersebar di kawasan Asia Tenggara mulaiBukan Sawo lo ini 8 Manfaat Buah Kepel yang Tumbuhnya di tips manfaatbuatkepelManfaat buah kepel Meski sudah jarang ditemui buah kepel ini punya banyak buah kepel disebut sebagai kecindul cindul simpol burahol atau turalakHANYA ADA DI INDONESIA 1100KEAJAIBAN DAN PRESTASI YANG MENDUNIA booksBurahol atau Kepel Maskot Daerah Istimewa Yogjakarta Burahol atau Stechocarpus burahol adalah lora identitas Daerah Istimewa Yogyakarta Buah kepelTutorial Makan Buah KEPEL BURAHOL YouTube watch20171109 Tutorial Makan Buah KEPEL BURAHOL 12M views 24K 665 PANEN BUAH PLUM Trukm 215Paskelbta 20171109Sehat Alami dengan Herbal 250 Tanaman Berkhasiat Obat booksTUMBUHAN buah kepel beraroma termasuk hidangan digemari wangi ig italP u air b burahollis flora h seni di in g Kepel K Jawa identitas G tidak atau 3 G .


Pineapple STOKbibit.com by CV Mitra Bibit
Produsen Bibit dan Benih Bersertifikat BPSB
*Juga ada Bibit Buah siap tanam batang besar, Mendukung COD/Bisa ambil sendiri, Luar Kota Ongkir murah bisa via Kereta,Kargo, Bus dll.
Call/sms/WA 082345555202 Alamat : Desa Bedono Karangduwur, Kec Kemiri, Kab. Purworejo Jawa Tengah, Link Google Map ada di menu Alamat ya.


Kepel buah kepel atau burahol adalah yang barusan kamu baca .

Tersedia bibit Unggul Berkualitas Produksi sendiri, Ada yang mau ditanyakan atau Konfirmasi ke WA Klik Disini

Luar kota Pengiriman bisa melalui JNE, JNT, POS dll atau Indah Cargo, Herona/ jasa KAI dll

Bingung atau mau datang langsung, tidak perlu kawatir bisa Cek langsung saja ke Alamat kami

Belum ada Komentar untuk "Kepel buah kepel atau burahol"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close
WhatsApp Stokbibit